Seni dan Sistem

Seni bisa diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan, ya hampir sama dengan puisi secara definisi, tapi arti unsur keindahan dari seni adalah dapat berupa apa saja(lukis, suara, tarian dan semacamnya yg bisa menimbulkan keindahan). Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia.

Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.

Suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk seperti bakung yang bermakna kematian dan mawar merah yang berarti cinta.

 

**      **      **

Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

**       **       **

kaitannya adalah, dimana seni itu tidak dapat dijadikan suatu kesatuan atau dihubungkan. seni itu tidah terikat oleh apapun sehingga mempunyai kebasan yang luas. gampangnya adalah dari segi contoh, seorang seniman(pelaku seni) itu tidak ada keterikatan dalam berkarya, meraka bebas sesuai dengan inspirasi dan imajenasinya masing-masing. dan pekerjaanyapun tidak terikat oleh waktu dan ruang. beda sekali dengan seseorang yang terlibat dalm sistem, misalnya PN(pegawai Negri) mereka secara nyata adalah tersistem, baik dari aktivitas kerja dan juga ruang dan waktu kerja semuanya tersistem. Jadi keduanya memang sangat jauh terbalik dan tidak bisa dijadikan satu tapi hal ini bisa dipadukan.
seni ya seni, sistem ya sistem.

Iklan

sakalangkong ampon mamper, tinggalkan coment yoo!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s