Buku Uraian Mendadak

Pidato Tan Malaka didepan kongres peleburan tiga partai ( 07 Nop 1948 )

 

Uraian mendadak merupakan pidato Tan Malaka pada kongres peleburan tiga partai (Partai Rakyat, Partai Buruh Merdeka, Partai Rakyat Jelata). Buku Uraian Mendadak ditulis oleh Tan Malaka pasca kemerdekaannya dari penjarah selama 2,5 tahun oleh Kabinet Syahrir dan Kabinet Amir Syarifudin.

Walaupun Tan Malaka menyampaikan pidatonya ini ketika peleburan tiga partai tersebut akan tetapi beliau tidak terlibat langsung dalam kedudukan partai, namun pemikiran-pemikiran dan cita-citanya sudah menjadi semangat di Partai Murba. Dan sejak bulan Januari 1946 beliau menjadi ketua “Persatuan perjuangan”  dan sudah menjadi milik semua aliran dan paham yang didukung oleh 141 Orsospol.

Rencana besar  Tan Malaka untuk menyiapkan musyawarah partai-partai untuk menggalang kembali kekuatan nasional yang terpecah karena perjanjian linggar jati, renville dan pemberontakan PKI . Namun hal itu tidak terlaksan karena terjadi serbuan Belanda ke jantung Republik pada tanggal 19 Desember 1948. Hingga akhirnya Tan Malaka memilih untuk menyingkir ke Jawa Timur melanjutkan perjuangannya untuk bergerilya. Dan melalui GPP (Gerilya Pembela Proklamasi) yang sebelumnya adalah Gerakan Pembela Proklamas, Tan Malaka berhasil mengobarkan semangat perang gerilya.

Dalam pidato ini Tan Malaka juga menolak akan berdirinya partai politik. Karena dengan berdirinya partai politik satu maka akan ada partai-partai politik lainya yang nantinya hanya akan menjadi kepentingan-kepentingan kelompok partai politik itu sendiri hingga terjadi perpecahan.

 

 

5-10-12

Iklan

sakalangkong ampon mamper, tinggalkan coment yoo!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s