Pulau Poteran Talango

Nama Talango dan Poteran

Pulau Poteran atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Talango merupakan salah satu pulau bagian dari Kecamatan Sumenep Madura. Nama sebenarnya menurut peta adalah Kepulauan Poteran sedangkan nama Talango adalah nama salah satu Desa dari 8 Desa yang terdapat di pulau ini. Nama Talango juga merupakan nama Kecamatan dari pulau poteran. Desa Talango merupakan pintu gerbang dari pulau yang terkenal dengan wisata Pasarean Sayid Yusuf ini. Terdapat pelabuhan lokal yang mengoprasikan kapal motor penumpang tongkang. Dengan bahasa besarnya Talango merupakan Ibu Kotanya pulau poteran.

Nama Poteran juga merupakan nama salah satu desa yang terletak di pertengahan pulau ini. Desa poteran dikenal sebagai penghasil semangka dan rumput laut dengan kualitas super.

Pulau Poteran atau Talango merupakan salah satu dari 48 pulau yg berpenghuni yg termasuk dalam Kabupaten Sumenep. Dan pulau inilah yg jaraknya paling dekat dengan daratan Sumenep. Terdapat 8 Desa (Talango,Gapurana,Palasa,Poteran,Kombang,Essang,Cabbiya,Padike) dan 1 RT yg terpisah berbentuk kepulauan sendiri yaitu gililabak yg termasuk desa Kombang dg 1 kecamatan yaitu Talango yg merupakan pintu gerbang Pulau Talango ini.