Taman Adipura/Taman Bunga Sumenep

nilah potret Taman Adipura kota sumenep, disebut juga Taman Bunga.
 
 
 
          Indah, asri nan rindang, itulah suasana tamana adipura kota sumenep, dimana masyarakat kebanyakan menyebutnya dengan sebutan “taman bunga”.letaknya pas ditengah-tengah kota sumenep, bisa dikatakan terletak tepet dijantung kota. Sesuai dengan tata letak perkotaan jaman kerajaan dulu taman ini pas terletak didepan masjid jamik sumenep yang juga merupakan masjid terbesar dan tertua disumenep. Letak taman dan mesjid ini juga searah dengan kraton sumenep yang kini beralih fungsi sebagai museum sumenep. Jika kita feedbac melihat sejarah masyarakat tradisional dimasa kerajaan,dalam melaksanakan kegiatan yang ada sangkut pautnya dengan upacara besar keagamaan ataupun hubungannya dengan kerajaan. Sering kali mereka adakan dilapangan luas yang memang dekat dengan tempat tinggal raja atau keraton . jadi dulunya, taman bunga ini memang terbentuk layaknya rumput dimana pada era tahun 90-an sering kali dijadikan tempat kegiatan-kegiatan masyarakat sumenep seperti misalnya, pagelaran pameran pembangunan dsn lapangan sepak bola serta kegiatan lainnya.
        
           Taman adipura sumenep memiliki beberapa macam jenis tanaman hias yang sengaja tumbuh dan di tanam oleh pemkab kapupaten sumenep, dengan maksud agar menambah kerindangan dan keindahan taman. Taman bunga ini juga serinng di jadikan tempat rekreasi masyarakat setempat, atau sekedar melepas lelah berkendara di sejuknya taman, tak jarang juga pagi dan sore hari disekitar taman ini menjadi tempat untuk olahraga, seperti: jogging, footsal, bahkan latihan pancak silat.

          Seiring dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan juga sebagai pusat kota taman ini semakin difasilitasi oleh pemkab setempat. Hal ini untuk menambah kenyaman para pengunjung taman. Selain taman ini difasilitasi tempat-tempat duduk, taman ini juga difasilitasi dengan pembangunan stand-stand untuk masyarakat yang berjualan diseputaran taman. Masyarakatpun tidak menyiakan hal ini dari stand-stand yang mereka sewa dari pemkab mereka menawarkan beraneka macam barang dagangan, mulai dari beraneka macam makanan dan minuman khas madura sampai ke barang-barang kebutuhan sehari-hari. Jadi jangan heran kalau taman ini sering menjadi serbuan masyarakat setempat diakhir pekan, karena selain mereka bisa jalan-jalan bersama keluarga mereka juga bisa meliha-lihat barang-barang yang tak kalah bagus dari toko mereka juga bisa menikmati aneka kuliner yang berjejer diseputaran taman. Bahkan pengunjung juga bisa memanjakan anak-anaknya dengan beberapa macam permainan yang ada didepan taman, tentu permainan itu tidak Cuma-Cuma, pemainan itu sebenarnya bukan salah satu fasilitas taman tetapi ramainya pengunjung disetiap sore dan malam hari dan minggu pagi dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menawarkan sewa berbagai macam permainan. Seperti, Odong-odong, becak mini, sepeda upin-ipin, dll yang tentunya bukan hanya untuk buat anak-anak kecil karena tak jarang orang dewasa juga menikmati permainan itu bahkan pemuda yang dimabuk cinta juga sering nangkring ditaman ini. Tentunya mereka semua memiliki alasan tersendiri untuk menghabiskan waktunya ditaman kebanggaan masyarakat sumenep ini. Semoga dan memang sudah seharusnya taman ini harus terawatt dan terjaga agar anak kita nanti juga bisa menikmatinya.
          
Iklan

sakalangkong ampon mamper, tinggalkan coment yoo!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s